SMKN 5 Batam: Instalasi dan Pelatihan Peralatan Praktik Basic Electro-Pneumatic Training System

Spread the love

Instalasi dan pelatihan peralatan praktik Basic Electro-Pneumatic Training System bantuan DAK propinsi Kepri pada hari Senin tanggal 28 September 2020 dilaksanakan di Workshop jurusan Teknik Elektronika Industri. Instalasi dan pelatihan dipandu oleh  Agus Prasetio selaku Teknisi merangkap Trainer dari PT. Panca Anugrah sakti. Instalasi dan Pelatihan ini dilaksanakan selama 1 hari.

Dalam pelatihannya Agus Prasetio menjelaskan tentang bagaimana mengoperasikan peralatan praktik tersebut, antara lain jenis-jenis silinder, solenoid valve, dasar sistem pneumatic, rangkaian pneumatic dan juga memberikan contoh bagaimana merakit suatu rangkaian electro-pneumatic sehingga bisa mengaktifkan silinder dengan menggunakan sensor ataupun tanpa menggunakan sensor.

Dengan pelatihan ini diharapkan kedepannya guru-guru jurusan Teknik Elektronika Industri dapat mengajarkan kepada siswa/i di Jurusannya. Dan siswa/i di Jurusan ini juga dapat memahami dan menerapkannya pada saat di dunia kerja setelah mereka menyelesaikan pendidikannya di SMKN 5 Batam.