MULTIMEDIA

MULTIMEDIA

LOGO_MM_SMKN5

  • Dasar Kompetensi Kejuruan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Merakit personal computer
  • Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi
  • Melakukan instalasi komponen PC
  • Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer
  • Mengatur komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi)
  • Menyambung periferal menggunakan Software
  • Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal
  1. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
  • Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi
  • Melaksanakan instalasi software sesuai Installation Manual
  • Mengecek hasil instalasi menggunakan software (sampling)
  • Melakukan troubleshooting
  1. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
  • Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
  • Melaksanakan prosedur K3
  • Menerapkan konsep lingkungan hidup
  • Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.
 
  • KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Memahami etimologi multimedia
  • Mendeskripsikan tentang multimedia
  • Menjelaskan multimedia content production
  • Menjelaskan multimedia communication
  1. Memahami alir proses produksi produk multimedia
  • Menjelaskan proses pre production multimedia
  • Menjelaskan proses production multimedia
  • Menjelaskan proses post production multimedia
  1. Merawat peralatan multimedia
  • Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
  • Melakukan perawatan peralatan multimedia
  • Membuat kartu perawatan peralatan multimedia
  1. Mengelola isi halaman web
  • Memeriksa informasi untuk relevansi dan currency
  • Memeriksa links dan navigasi
  • Mengedit informasi sesuai kebutuhan
  • Menguji dan memastikan perubahan perubahan
  1. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
  • Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
  • Mengoperasikan kamera video
  • Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar
  • Mengoperasikan kamera
  • Menata kabel-kabel kamera
  • Mengoperasikan clapper board
  1.  Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
  • Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
  • Membuat sketsa
  • Menggambar perspektif
  • Menggambar objek
  • Menggambar ilustrasi
  1. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
  • Menjelaskan syarat animasi
  • Membuat gambar kunci
  • Mengatur dan melengkapi gambar kunci
  1. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
  • Mendeskripsikan gambar yang asli
  • Membuat gambar-gambar asli
  • Mendeskripsikan gambar tiga dimensi
  • Membuat gambar tiga dimensi
  1. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
  • Mendeskripsikan syarat-syarat animasi
  • Membuat model warna dan tempat warna
  1. Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia
  • Menggunakan software teks multimedia
  • Mendesain teks multimedia
  1. Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia
  • Mengedit gambar digital
  • Menggunakan software grafik multimedia 2D
  • Menciptakan design grafik Multimedia 2D
  • Menampilkan karya seni digital 2D
  1. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia
  • Menggunakan kamera digital
  • Menggabungkan foto digital ke dalam rangkaian multimedia
  • Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D
  1. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
  • Menjabarkan format audio digital
  • Menggunakan software audio digital
  • Merancang audio digital
  • Membangun track audio digital
  1. Membuat story board aplikasi multimedia
  • Mengidentifikasi kebutuhan
  • Merencanakan alur isi story board
  • Medeskripsikan proses pelaksanaan dalam story board
  1. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
  • Menjelaskan dasar tata cahaya
  • Menjelaskan efek cahaya
  • Menyiapkan operasi lighting
  1. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
  • Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus
  • Menginstallasi software efek khusus
  • Membuat efek khusus pada obyek
  1. Menyusun proposal penawaran
  • Menganalisa syarat-syarat proyek
  • Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
  • Membuat rancangan biaya-biaya dan sumber-sumber yang ada
  • Membuat proposal
  • Membuat pengajuan permohonan tender.