Jurusan Teknik Elektronika Industri merupakan salah satu kompetensi keahlian yang tergabung dalam Teknik Elektronika. Di SMKN 5 Batam jurusan ini berdiri tahun 2017 merupakan jurusan ke-9 dari 10 jurusan yang tergabung di SMKN 5 Batam. Jurusan ini memiliki jumlah siswa sebanyak 319 orang yang tersebar di 8 rombel.
Visi dan Misi
Visi
Terciptanya sumber daya manusia di Jurusan Teknik Elektronika Industri yang cerdas, berkualitas, kompetitif, tersertifikasi dan berjiwa Entrepreneurship
Misi
- Mendidik peserta didik dengan keterampilan teknik elektronika industri
- Menghasilkan peserta didik dengan nilai-nilai entrepreneurship untuk mengembangkan diri secara berkelanjutan
- Menghasilkan tenaga kerja profesional dan tersertifikasi untuk memenuhi kebutuhan industri khususnya elektronika industri
- Memberikan layanan prima terhadap masyarakat dalam semua aspek sarana dan prasarana yang menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan mandiri
- Meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui dukungan iptek dan imtaq
Keahlian yang Dimiliki Siswa
Siswa Kompeten dalam:
- Mengukur besaran-besaran listrik dalam rangkaian elektronika
- Menggambar teknik elektronika manual dan menggunakan komputer
- Menerapkan konsep elektronika analog-digital dan rangkaian elektronika komputer
- Mengoperasian software aplikasi program dan gambar
- Menerapkan sistem mikroprosesor dan microcontroller
- Merakit, menginstall program dan memperbaiki perangkat elektronika -komputer
- Membuat program kontrol berbasis computer
- Memahami komunikasi data sinyal digital antar peralatan elektronika
- Mendesain dan membuat rangkaian elektronika kontrol dan pengendali
- Mendesain dan memprogram system robotik
- Melaksanakan perbaikan peralatan elektronika industri
Struktur Kurikulum 2013 Revisi 2016
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu | |
---|---|---|
A. Muatan Nasional | ||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 318 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 212 |
3. | Bahasa Indonesia | 354 |
4. | Matematika | 424 |
5. | Sejarah Indonesia | 108 |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya | 352 |
B. Muatan Kewilayahan | ||
1. | Seni Budaya | 108 |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan | 144 |
Jumlah A dan B | 2.020 | |
C. Muatan Peminatan Kejuruan | ||
C1. Dasar Bidang Keahlian | ||
1. | Simulasi dan Komunikasi Digital | 108 |
2. | Fisika | 108 |
3. | Kimia | 108 |
C2. Dasar Program Keahlian | ||
1. | Kerja Bengkel dan Gambar Teknik | 142 |
2. | Dasar Listrik dan Elektronika | 180 |
3. | Teknik Pemrograman, Mikroprosessor dan Mikrokontroller | 142 |
C3. Kompetensi Keahlian | ||
1. | Mikroprosessor dan Mikrokontroller | 252 |
2. | Penerapan Rangkaian Elektronika | 420 |
3. | Sistem Pengendali Elektronik | 456 |
4. | Pengendali Sistem Robotik | 348 |
5. | Pembuatan , Perbaikan dan PemeliharaanPeralatan
Elektronika |
238 |
6. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan | 350 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) | 2.856 | |
Total | 4.876 |
Mata Pelajaran |
Kelas | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
X |
XI |
XII |
|||||
1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | ||
A. Muatan Nasional | |||||||
1. | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 | 3 | 3 | 3 |
3 |
2. | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
2 |
2 | 2 | 2 | 2 |
2 |
3. | Bahasa Indonesia |
4 |
4 | 3 | 3 | 2 |
2 |
4. | Matematika |
4 |
4 | 4 | 4 | 4 |
4 |
5. | Sejarah Indonesia |
3 |
3 | – | – | – |
– |
6. | Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya |
3 |
3 | 3 | 3 | 4 |
4 |
B. Muatan Kewilayahan | |||||||
1. | Seni Budaya |
3 |
3 | – | – | – |
– |
2. | Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan |
2 |
2 | 2 | 2 | – |
– |
Jumlah A dan B |
24 |
24 | 17 | 17 | 16 |
16 |
|
C. Muatan Peminatan Kejuruan | |||||||
C1. Dasar Bidang Keahlian. | |||||||
1. |
Simulasi dan Komunikasi Digital |
3 | 3 | – | – | – |
– |
2. | Fisika |
3 |
3 | – | – | – |
– |
3. | Kimia |
3 |
3 | – | – | – |
– |
C2. Dasar Program Keahlian | |||||||
1. | Kerja Bengkel dan Gambar Teknik |
4 |
4 | – | – | – |
– |
2. | Dasar Listrik dan Elektronika |
5 |
5 | – | – | – |
– |
3. | Dasar Pemrograman |
4 |
4 | – | – | – |
– |
C3. Kompetensi Keahlian | |||||||
1. | Mikroprosessor dan Mikrokontroller |
– |
– | 7 | 7 | – |
– |
2. | Penerapan Rangkaian Elektronika |
– |
– | 6 | 6 | 6 |
6 |
3. | Sistem Pengendali Elektronik |
– |
– | 7 | 7 | 6 |
6 |
4. | Pengendali Sistem Robotik |
– |
– | 4 | 4 | 6 |
6 |
5. | Pembuatan , Perbaikan dan Pemeliharaan Peralatan Elektronika |
– |
– | – | – | 7 |
7 |
6. | Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
– |
– | 7 | 7 | 8 |
8 |
Jumlah C (C1, C2, dan C3) |
22 |
22 | 29 | 29 | 30 |
30 |
|
Total |
46 |
46 | 46 | 46 | 46 |
46 |
Struktur Organisasi
Pembina dan Pelindung | Henra Debeny, M.Pd. |
Kakomli | Nurwahyu Rindaryati, S.Pd.Gr. |
Sekretaris | Afrinaldi, S.Pd.Gr. |
Bendahara | Gita Agustina, S.Pd.Gr. |
Wali Kelas | X Elind 1 : Jamal Alamsyah, S.Pd X Elind 2 : Zea Riza Lestari, S.Si X Elind 3 : Zulia Ervani, S.Sos XI Elind 1 : Ali Yusmardi, S.Pd XI Elind 2 : Dwi Putri Ayunani Bahri, S.Pd XI Elind 3 : Afrinaldi, S.Pd.Gr XII Elind 1 : Gita Agustina, S.Pd.Gr XII Elind 2 : Ratih Fordiana, M.Pd |