Fokus Revitalisasi, SMKN 5 Batam Wakili Kepri Pilot Project dari Kemenko Perekonomian

Kementrian Perekonomian melalui  Deputi Bidang koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan daya Saing Koperasi dan UMKM menggandeng pemerintah daerah dalam  menggiatkan pengembangan SDM melalui Revitalisasi SMK sesuai dengan rodmap peningkatan kualitas pendidikan vokasi 2017-2025. Kegiatan ini berupa workshop penyelarasan kurikulum  SMK untuk kompetensi kehalian Pengelasan Kapal, Elektronika Industri, Mekatronik dan Pemesinan. Berlangsung tanggal 8-9 April 2019 di Hotel Swiss Sentra Land Semarang, diikuti 17 SMK di seluruh indonesia, dimana Provinsi Kepri diwakili oleh 3 SMK yaitu :

SMKN 5 Batam bidang Pengelasan Kapal dengan mitra industri PT. USDA SEROJA  dan PT. SCBA

SMKN 1 Batam Bidang Elektronika Industri dengan Mitra Industri PT. Panasonic

SMKN 6 Batam Bidang Pemesinan dengan mitra industri PT. Citra Tubindo

Turut hadir pada acara ini Kepala Dinas Pendidikan Prov. Kepri Dr. Muhd. Dali, MM dengan instansi terkait, Kepala Sekolah SMKN 5 Batam Agus Sahrir, MPd , mitra industri Mardiansyah (PT. SCBA) dan Asmawi Hamid (PT. Usda Seroja) . Kegiatan dibuka langsung oleh Deputi bidang koord. ekonomi kreatif Kemenko perekonomian Rudy Salahuddin.

Workshop ini merubakan batch ke empat dalam rangkaian kegiatan pilot project Revitalisasi SMK yang melibatkan Pemerintah Daerah secara aktif. Ada 6 sektor prioritas dalam rodmap revitalisasi salah satunya bidang kemaritiman yang akan dibahas pada kegiatan ini. Penyelarasan kurikulum, penyusunan modul Training of Trainers (ToT) guru dan instruktur dan dilanjutkan dengan penerimaan siswa baru dengan demikian tahun ajaran baru 2019 kurikulum yang telah disusun dapat  dijalankan.

Penyusunan kurikulum dijadikan prioritas pembenahan SMK agar mampu menjawab kebutuhan industri sesuai dengan tantangan global sekaligus meningkatkan kualitas guru dan instruktur yang akan mengajarkan kurikulum tersebut. Proporsi kurikulum adalah bobot praktek harus lebih besar dibanding teori serta penentuan lokasi pembelajaran tempat kerja praktek industri juga  harus tepat agar siswa lulusan SMK pilot project ini memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan industri.

Aku SMK !

SMK Bisa! SMK Hebat !

SMK Bisa Hebat !

 

 

Sumber : Humas SMKN 5 Batam, Siaran Pers Kemenko perekonomian

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.