Maping Produk  Jurusan Design Rancang Bangun Kapal (DRBK )

 

Dalam Pemetaan Produk / hasil Praktek keterampilan jurusan DRBK (Design Rancang Bangun kapal), adalah memetakan kecocokan antara Kompetensi yang dipelajari dijurusan dengan produksi yang dihasilkan melalui kerja praktikum yang termuat Pada Mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan.

Dari sini maka ditentukan hasil Produk yang akan dibuat adalah Miniatur / Prototype Boat Maupun Kapal dan juga memungkinkan untuk Remote Control Boat / Ship.

Karena memiliki kecocokan dengan silabus materi Kejuruan Design Rancang Bangun kapal, yaitu, Pengetahuan Dasar Kapal, Gambar konstruksi Kapal, dan Gambar konstruksi Interior Kapal dan lainnya. Dengan adanya pembuatan model kapal ini siswa diharapkan mampu memahami urutan pembuatan kapal, ukuran utama kapal, bagian kapal dan mesin penggerak kapal.

Adapun urutan pembuatan Model Boat / Kapal sebagai berikut :

  1. Menentukan Kapal pembanding
  2. Design Model Boat / Kapal
  3. Membuat frame / bodyplans dan Linggi
  4. Mencetak di kertas / Nesting
  5. Memotong frame
  6. Memasang kulit lambung
  7. Melakukan pendempulan dan pengamplasan
  8. Pengecatan model
  9. Membuat perlengkapan kapal dan deck house

Untuk Model kapal siswa diharapkan dapat men-skala-kan model dengan kapal asli secara akurat, dan untuk Remote Control Kapal / Boat juga dituntut kapal bergerak seperti kapal aslinya, tidak bocor dan memiliki kecepatan dan manufer yang baik.

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.