“Kreatif adalah suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang member kesempatan individu untuk menciptakan ide2 asli/adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang” (Widyatun,1999). dan “Inovatif yaitu Kemampuan seseorang dalam mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru.”
Untuk menghasilkan siswa yang kreatif, TITL menekankan pembelajaran dengan peningkatan pemahaman teori dengan mendalam yakni dengan cara menuntun siswa dalam mencari sumber informasi yang tepat dan cepat.
Membentuk siswa yang innovatif dilakukan dengan cara memberikan kesempatan bagi siswa untuk praktik dengan sebanyak-banyaknya.
TITL banyak menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Dengan memanfaatkan media informasi Internet, siswa diminta mencari jawaban terhadap suatu problem yang ditawarkan. Kemudian jawaban yang diperoleh, dipraktikan dan didemonstrasikan sehingga siswa tersebut memperoleh pengalaman belajar yang besar.