Pemotongan Material Praktek oleh Siswa Dengan Mesin Bandsaw

SMKN5BATAM.SCH.ID,Batam – Bandsaw merupakan salah satu alat potong yang digunakan dalam pemotongan material bahan praktek pengelasan selain menggunakan gerinda potong duduk dan cutting torch manual/automatic. Sebelum melakukan pemotongan siswa diajarkan terlebih dahulu cara mengoperasikan mesin bandsaw ini untuk dapat memotong masing-masing material bahan praktek mereka. dengan kata lain siswa juga memiliki kompetensi tambahan dalam pengoperasian mesin bandsaw ini bukan hanya kemampuan dalam mengelas saja.

Apabila dibandingkan dengan gergaji manual, pekerjaan pemotongan dapat menjadi lebih lama ketimbang menggunakan bandsaw, serta mengeluarkan lebih banyak tenaga. Hasilnya, proses pemotongan benda besar menjadi kurang efektif karena kesulitan tersebut. Namun gergaji bandsaw tidak dapat sembarangan digunakan dimanapun, terlebih karena bentuknya yang besar sehingga tidak mudah untuk dibawa-bawa. Gegraji bandsaw juga memerlukan sumber listrik sebagai tenaga operasionalnya, yang cukup sulit ditemukan apabila melakukan pemotongan di daerah yang belum berkembang.

Secara singkat, proses kerja gergaji bandsaw ini adalah dengan menggunakan pita besi atau mata gergaji yang berputar melalui dua buah roda sebagai poros dan media putarnya. Roda tersebut direkatkan dengan penyangga sehingga roda dan mata gergaji tidak bergeser. Dengan demikian, Anda dapat memastikan pemotongan benda dan material bisa konsisten dan kontinyu. Itulah kenapa gergaji bandsaw sering digunakan di berbagai industri pengolahan kayu, sebab hasil pemotongannya yang rapi, konsisten, serta presisi.

Dalam industri lain, mesin bandsaw yang digunakan biasanya berukuran lebih kecil, bahkan ada pula yang berteknologi cordless bandsaw (tanpa kabel). Tentunya, hal tersebut ditujukan untuk membantu pembuatan pola pada material yang akan dibentuk. Terkait ukuran, ada banyak ukuran dari gergaji bandsaw ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, ukuran yang paling kecil adalah ukuran 6 inci. Kemudian, ada berbagai ukuran lain sampai ukuran terbesar yakni 52 inci. Ukuran yang kecil digunakan untuk pemotongan yang lebih kecil, misalnya membuat pola pada permukaan material dan sebagainya. Sedangkan ukuran gergaji ukuran besar biasanya digunakan untuk memotong benda yang lebih kokoh dan besar pula.

 

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.