MOTIVASI DALAM FILOSOFI KODOK

Jurusan TITL senantiasa melaksanakan Apel yang dijadwalkan oleh Kesiswaan yakni hari Selasa dan Rabu serta yang diprogramkan jurusan yakni apel sore sepulang sekolah. Kegiatan ini diisi dengan berbagai macam pengarahan diantaranya motivasi belajar, mengingatkan poin, dan hal lain yang dianggap perlu.

Pada hari ini Selasa, 18 Februari 2020 TITL mengadakan apel pagi yang diisi oleh salah satu guru produktif yakni Bapak Trimas Manalu. Dalam pemamparannya, beliau mengambl tema mengenai filosofi kodok dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini langsung menjadi perhatian bagi siswa secara spontan, mereka menyimak sambil tersenyum karena mereka merasa hal baru yang tengah disampaikan.

Dalam penyampaian pak Trimas mengatakan bahwa Kodok merupakan salah satu makhluk tuhan yang paling hebat dalam beradaptasi. Kemampuannya dalam beradaptasi terutama dalam mengadaptasi terhadap suhu lingkungan yang berubah secara drastis  atau ektrem, namun dalam melakukan adapatasi, kodok harus mengeluarkan energi yang sangat besar, dimana pada saat suhu berubah menjadi dingin maka Kodok menghasilkan panas yang menyesuaikan dengan kondisi dingin saat itu, begitu juga sebaliknya bila cuaca menjadi sangat panas.

Selanjutnya pak Trimas memberikan ilustrasi kodok tersebut dimasukkan kedalam wajan yang diletakan diatas kompor, pada kondisi awal kodok akan merespon air yang mulai naik suhunya dengan tenang, semakin suhu naik kodok akan tetap tenang sampai pada suhu hampir mencapai mendidih maka kodok akan mulai bereaksi namun reaksinya sngat pelan. Salah satu siswa berkomentas kenapa tidak melompat aja kodoknya… Pak Trimas langsung menjawab komentar tersebut dengan senang karena ini yang diharapkannya…. pada saat suhu mulai berangsur naik, kodok masih mampu beradaptasi dengan mengeluarkan energi pada kulitnya, semakin lama semakin banyak energi yang dikeluarkan namun pada saat kondisi sudah mulai berbahaya kodok sudah kehabisan tenaga dan akhirnya terdiam atau mati.

Setelah penyampaian cerita tersebut, Pak Trimas langsung bertanya apa pelajaran yang bisa kita ambil untuk kodok tersebut ? semua anak terdiam, Pak trimas melanjutkan lagi… inilah yang sedang kalian terapkan yakni¬† ilmu kodok, dimana saat remedial masih lama atau jangka waktunya bertambah kalian tenang saja … tidak segera melakukan perbaikan namun bila waktu sudah kritis dan waktu penerimaan rapot dah mau dilaksanakan … baru kalian sibuk untuk remedial… gurumu tidak punya cukup waktu untuk melayani mu sehingga akan berpengaruh pada naik tidaknya kita.

Menutup penyajiannya, Pak trimas mengingatkan agar anak segeralah untuk melaksanakan remedial, jangan menunda waktu lagi.

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.