Sebulan Kelulusan, Keterserapan Alumni DRBK Mencapai Hampir 50%

Spread the love

SMKN5 Batam. Ditengah berita yang santer tentang banyaknya pengangguran dari lulusan SMK di Kepri, semoga saja  tidak sama hal nya dengan lulusan SMKN5 terutama dijawab dengan lulusan Jurusan DRBk. Berdasarkan data yang dihimpun dari berbagai sumber, didapati hampir 50 persen lulusan DRBK tahun 2020 ini  langsung mempunyai kegiatan lanjutan padahal baru sebulan setelah pengumuman Kelulusan SMK pada bulan Mei lalu.

Dari 521 lulusan SMKN 5 yan bersal dari sepuluh jurusan  tahun ini,   Sebanyak 37 siswa berasal dari jurusan DRBK.  Dan, Tercatat saat ini 12 alumni sudah diterima diPerguruan tinggi Negeri maupun swasta ternama,  seperti ;  Polytekhnik batam, univerisitas Maritim Raja Ali Haji Tanjung Pinang, dan  Universitas Hang Tuah Surabaya. Sedangkan  3 orang siswa lainnya sudah langsung bekerja di sejumlah industry adapun perusahaannnya antara lain, PT STASIUN TEKNIK INDONESIA, PT. AULIA AR RAHMAN, DAN PT. PASIFIC ATLANTIC SHIPYARD.  Sementara yang lainnya saat ini  masih menunggu  proses seleksi penerimaan di beberapa perusahaan di batam

 

Berdasarkan data yang terhimpun di BKK sejauh ini  Setiap tahunnya lulusan jurusan yang fokus pada desain dan gambar kapal  ini termasuk yang paling banyak Keterserapan. Seperti  lulusan tiga tahun terakhir ini , lulusan tahun 2018 pada tahun 2019 Keterserapan nya sudah mencapai 100 % artinya sudah 0 persen menganggur, sedangkan lulusan 2019 juga hampir mencapai 100 Keterserapan di industri maupun perguruan Tinggi. Sehingga harapan kita semua DRBK khususnya dan SMKN5 umumnya  tidak akan menjadi penyumbang pengangguran alumni SMK di Kepri tahun ini.