Pembuatan Klise( Film ) Afdruk. Proses Cetak Produksi Grafika SMKN5 BATAM

Pembuatan Film Klise/ Afdruk Produksi Grafika Smkn5 Batam. Kav. Bukit Kamboja- Kel. Sri. Pelunggut – Kec Sagulung – Kota Batam.

Film Sablon Atau Film yang akan digunakan untuk mentransfer gambar ke screen pada umumnya terbagi menjadi :

  • Film dengan kertas HVS
  • Film dengan kertas kalkir
  • Film dengan dasar plastik .

Film Dengan Kertas

Dibandingkan dengan bahan lain, film dengan menggunakan Kertas HVS harganya sangat lebih murah. Sumber gambar bisa di print komputer atau hasil foto copy. Dari pola gambar yang sudah di cetak di kertas HVS, asalkan cetakannya pekat dapat langsung di gunakan untuk film. Namun kertas HVS tidak trasparan,maka waktu penyinarannya lebih lama dan sering hasil afdruknya tidak maksimal. Untuk mengatasinya biasanya kertas HVS di buat transparant dengan mengolesi minyak sayur atau sejenisnya di bagian belakang gambar, dengan cara ini kertas HVS akan menjadi trasparan seperti hal kertas kalkir. Film tak bisa tahan lama.

Film dengan Kertas Kalkir

Komputer dan printer khususnya printer sejenis LaserJet, berkembang dan maju dengan pesat proses film sablon turut dimudahkan dengan film kertas kalkir,  sangat jauh bila dibandingkan sebelumnya dimana jika membuat huruf dengan cara manual melalui huruf gosok dan menggambar dengan tinta untuk membuat film di kalkir. Membuat film di atas kalkir sangat mudah dan cepat hanya dengan mengeprint pola gambar menggunakan print laser dan film kertas kalkir pun langsung siap.

Film dengan dasar plastik

Bahan yang digunakan untuk film ini yaitu plastik, maka jelas sifat transparannya¬† mencapai 100 % jadi untuk waktu afdruknya pun menjadi lebih cepat. Film dengan bahan plastik astralon/ mika…

Film dalam pembuatan teknik cetak saring ( sablon ). Tahap-tahap Awal, pembuatan film..

 

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.