Magang Guru Pengelasan SMKN 5 Batam di Industri – PT. SMOE Indonesia

SMKN5BATAM.SCH.ID,Batam – Guru SMK, terutama guru muatan produktif/kejuruan, memiliki peran penting dalam mendidik siswa agar kompeten di bidang kejuruannya. Hal tersebut dikarenakan setelah menuntaskan pendidikan di SMK, lulusan SMK harus dinyatakan siap untuk bekerja. Untuk itu, perubahan teknologi dan pemanfaatan teknologi di dunia usaha dan industri menjadi sesuatu yang urgen untuk diketahui dan dikuasai oleh guru SMK, sehingga model serta materi pembelajaran yang digunakan guru akan sesuai dengan kebutuhan, tren, dan prediksi masa depan.

Demi terselenggaranya pendidikan yang baik, guru dituntut untuk memiliki kualifikasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah yaitu memiliki kompetensi pedagogik, profesionalisme, kepribadian, dan sosial seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Sehubungan dengan hal tersebut, untuk mendukung peningkatan dan pemerataan kompetensi guru kejuruan SMK berbasis industri, maka SMKN 5 Batam khususnya pada kompetensi keahlian Teknik Pengelasan melakukan kerjasama dengan industri dengan melakukan kegiatan magang gurunya ke industri. Magang guru ini dilaksanakan di PT. SMOE Indonesia yang merupakan perusahaan manufaktur internasional yang bergerak dalam bidang kontruksi yang berkaitan dengan kontruksi fabrikasi perminyakan (Off Shore) yang berada di Kota Batam. Agenda kegiatan update skill dari magang guru ini adalah melakukan pengelasan SMAW Posisi 6G yang merupakan salah satu kompetensi yang dibutuhkan industri saat ini.

Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendukung program pemerintah melakukan  “pernikahan massal”antara pendidikan vokasi dengan dunia usaha dunia industri (DUDI) melalui guru kejuruan berstandar industri.

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.