“Gamelan Jawa: Warisan Budaya Indonesia Yang Mendunia”

Spread the love

Salah satu warisan budaya Indonesia yang mendunia dan sudah dikenal di berbagai seantero dunia adalah: Gamelan Jawa. Pakar musikologi Amerika, Prof. Vincent Mc Dermont mengatakan bahwa, Gamelan Jawa merupakan musik Indonesia yang mendunia, sudah dikenal diman-mana. Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa Gamelan Jawa sudah masuk dalam kategori World Music. Pernyataan tersebut, sebanding dengan fakta saat ini. Tak dipungkiri, Gamelan Jawa sudah dikenal di mana-mana, dan dipelajari oleh masyarakat dunia secara komprehensif.

Gamelan Jawa juga menjadi salah satu pembelajaran wajib di sekolah maupun perguruan tinggi di luar negeri, misalkan di Jepang, Amerika, Inggris, Perancis dan sebagainya. Bangsa Eropa yang sering disebut dengan istilah ‘bule” oleh masyarakat Indonesia, memiliki antusias yang tinggi untuk mempelajari cara bermain Gamelan Jawa, bahkan sudah banyak yang mumpuni memainkan Gamelan Jawa.

Di Indonesia sendiri, Gamelan Jawa masih menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat pendukungnya. Misalkan saja, di Solo (Surakarta), Gamelan Jawa selalu hadir pada saat acara pernikahan, dan acara penting di sosial masyarakat. Gamelan Jawa merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, yang terpelihara eksistensinya hingga saat ini. Struktur penampilan, instrumen yang digunakan, pemain, dan kualitas, selalu dipertahankan. Oleh karena itu pula, tak heran Gamelan Jawa mendunia dan eksis di seantero dunia ini.

Yandri Syafputra