Siswa Multimedia Juara 1 Lomba Pemograman Web HMTI Fair Politeknik Negeri Batam 2020

Spread the love

smkn5batam.sch.id – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Negeri Batam megadakan HMTI Fair, sebuah ajang perlombaan dalam bidang IT untuk siswa tingkat SMA/SMK/Sederajat. Pada tahun ini, kegiatan yang diadakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena di tahun ini perlombaan dilaksanakan secara online. Salah satu bidang yang diperlombakan adalah Pemrograman Web.

Dalam bidang lomba pemrograman web tahun ini, para peserta diharuskan untuk membuat sebuah website dinamis dengan minimal 5 artikel di dalamnya dan menggunakan bahasa pemrograman PHP serta basis data MySQL di sisi back-endnya. Tema yang diambil untuk bidang perlombaan Pemrograman Web tahun ini adalah “Krenova untuk teknologi” atau Kreativitas dan Inovasi untuk Teknologi.

Seperti di tahun sebelumnya, SMK Negeri 5 Batam mengirimkan siswanya untuk berpartisipasi dalam bidang lomba ini. Salah satunya adalah Muhammad Hasan Firdaus, siswa kelas XI Multimedia 1 SMK Negeri 5 Batam. Pembimbing bidang lomba Pemrograman Web ini adalah Bapak Vegi Laten Haju Embulni Sanyus, S.Pd. Peserta mulai membuat website pada tanggal 6 Desember setelah Technical Meeting, dan karya web yang dibuat dikumpulkan oleh peserta paling lambat pada tanggal 10 Desember 2020.

Setelah mengumpulkan karya, dilakukan presentasi dan penjurian pada tanggal 12 Desember 2020 melalui platform Google Meet. Di hari sebelumnya, para peserta lomba HMTI Fair dari SMK Negeri 5 Batam melakukan laitihan presentasi dan mendengarkan masukan masukan dari pembimbing. Kegiatan perlombaan Pemrograman Web ini berlangsung dengan lancar hingga pengumuman pemenang pada tanggal 13 Desember 2020 melalui kanal Youtube Sahabat HMTI. Alhamdulillah, pada pengumuman pemenang bidang perlombaan Pemrograman Web, siswa SMK Negeri 5 Batam menjadi Juara 1.

Bapak Vegi berpesan agar Hasan terus belajar dalam bidang Pemrograman Web ini agar tetap dapat mengikuti perkembangan teknologi web yang ada.

Selain dalam bidang Pemrograman Web, siswa SMK Negeri 5 Batam juga menjuarai 3 bidang perlombaan lainnya. Diharapkan juga dengan adanya ajang perlombaan seperti ini dapat meningkatkan kreatifitas dan melatih keberanian siswa dalam mengekspresikan kemampuan yang mereka miliki.