Sosialisasi Sistem Manejemen OSIS SMKN 5 Batam

Spread the love

SMKN 5 Batam – Urgensi Organisasi Siswa Internal Sekolah (OSIS) sebagai wadah pembelajaran bagi siswa tentang organisasi dan berorganisasi sangat penting disosialisakan. Pengetahuan konseptual tentang organisasi yang dimiliki siswa akan mempengaruhi tingkat performa siswa dalam memanajemen organisasi tersebut. Sehingga hal ini berdampak pada banyak aspek, seperti ketercapaian visi dan misi OSIS SMKN 5 Batam, terbentuknya manajemen organisasi yang efektif dan efesien, dan terbentuk pengurus OSIS yang mengerti haluan dan tujuan yang harus dicapai.

Sosialisasi ini dilakukan setelah pelantikan ketua OSIS SMKN 5 Batam terpilih Syukri Ardiansah Kelas XI TKJ 2 selesai dilakukan. Pemateri dalam sosialisasi ini adalah Pak Albert Efendi Pohan selaku Guru SMKN 5 Batam yang pada saat ini sedang menempuh Pendidikan Doktoral (S3) di Universitas Negeri Yogyakarta. Secara koordinatif acara ini berlangsung di bawah pengawasan Waka Kesiswaan Bu Endah Kumalasari, S.Pd. Berdasarkan pantauan terakhir acara ini berlangsung mulai pukul 09.30-10.30 Wib melalui aplikasi zoom meeting.

Secara teoritik siswa disajikan materi tentang wawasan organisasi dan manajemen organisasi. Siswa dituntun agar mampu memhami konsep organisasi dan cara memanajemen suatu organisasi secara efektif dan efesiensi agar tujuan organisasi OSIS tersebut dapat tercapai. Langkah-langkah manajemen organisasi yang disampaikan secara toeritik dan aplikatif adalah
1. Perencanaan (planning)
2. Pengorganisasian (organizing)
3. Pelaksanaan (actuating)
4. Pengawasan (controlling)
5. Evaluasi (evaluating)

Langkah-langkah manajemen di atas merupakan dasar pengetahuan yang harus dipahami siswa sebagai orang-orang yang terlibat dalam suatu organisasi. Dengan menguasai hal tersebut siswa sebagai pengurus OSIS akan mampu merencanakan agenda kerja yang harus dipriotaskan. Pengetahuan dasar tersebut membantu siswa mampu merumuskan secara measurable dari mana, apa dan bagaimana melakukan sesuatu agar tercapai secara efektif dan efesien.