Pemanfaatan Canva dalam Pembuatan Video Pembelajaran

Spread the love

SMK Negeri 5 Batam. Pada hari Kamis dan Jumat, tanggal 15,16 April 2021, SMK Negeri 5 Batam mengadakan pelatihan aplikasi Canva yang diikuti oleh Bapak Ibu Guru SMK Negeri 5 Batam bertempat di Meeting Room. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengikuti perkembangan teknologi. Sekaligus dapat digunakan dalam pembelajaran online yang sedang diterapkan dalam masa pandemi COVID 19.

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang memudahkan dalam merancang berbagai jenis material kreatif secara online. Desain yang dapat dibuat antara lain : kartu ucapan, poster, brosur, presentasi, dan video. Sekarang ini ada beberapa versi Canva, yaitu web, iphone, dan android.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Sekolah, Bapak Agus Sahrir, M.Pd dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Hari Kurnia Shadly, S.Kom (Guru IT SMKN 5 Batam). Pelatihan Canva didukung penuh oleh Manajemen sekolah dengan menyediakan kuota internet agar guru dapat belajar dengan lancar.

Hasil dari pelatihan ini adalah video yang didesain oleh guru sesuai mata pelajaran. Video pembelajaran yang menarik diharapkan dapat meningkatkan kreativitas Guru dan mengurangi kejenuhan siswa dalam pembelajaran daring. Pada pelatihan ini, peserta memperoleh ilmu yang bermanfaat untuk pekerjaannya sekaligus mendapatkan e-sertifikat