Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Keterampilan Hidup

Spread the love

SMK Negeri 5 Batam. Guru SMK Negeri 5 Batam mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Guru Belajar dan Berbagi seri Pendidikan Keterampilan Hidup pada bulan Februari – Maret. Peserta program diklat Pendidikan Keterampilan Hidup yang telah tuntas dan lulus, dilanjutkan dengan Program Coaching Clinic yag dibimbing oleh Master Trainer, melalui zoom dan grup Whatsapp.

Keterampilan hidup menggambarkan kemampuan seseorang dalam menghadapi tantangan kehidupan sehari-hari, termasuk menjalin hubungan sosial, menyelesaikan masalah, mengelola risiko, membuat keputusan, dan bekerja sama dengan orang lain.

Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) mendukung remaja untuk mengembangkan dan menggunakan berbagai keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai hal penting dalam konteks individu mereka.

Materi yang dipelajari oleh peserta adalah : Modul 1 (Mengenal Diri Sendiri); Modul 2 (Membentuk Kebiasaan Sehat); Modul 3 (Mengembangkan Hubungan yang Saling Menghormati);  Modul 4 (Menciptakan Dunia yang Lebih Baik); Modul 5 (Melakukan Aksi Bersama).

Dengan mengikuti program Pendidikan Keterampilan Hidup diharapkan guru SMK Negeri 5 Batam dapat membagi dan menerapkan di sekolah khususnya dalam mendidik siswa agar menjadi pribadi yang memiliki keterampilan hidup.