Pelatihan Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif

Spread the love

SMKN 5 Batam. Pada tahun 2021, Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat Program Guru Belajar dan Berbagi. Ada beberapa macam Bimtek dan Diklat dalam program ini, salah satunya adalah Seri Pendidikan Inklusif.

Guru SMK Negeri 5 Batam mengikuti program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif yang dibagi dalam beberapa gelombang. Program pembelajaran yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami keberagaman peserta didik serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum sehingga lebih sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Adapun tujuan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Pendidikan Inklusif adalah :

  • Meningkatkan pengetahuan guru tentang konsep keberagaman peserta didik, konsep dasar pendidikan inklusif dan sistem layanan pembelajaran bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
  • Meningkatkan dan memberikan pengalaman langsung kepada guru untuk melakukan identifikasi, menyusun asesmen dan planning matrix, serta membuat program pembelajaran individual (PPI).
  • Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan bimtek dan pelatihan secara daring.

Kelebihan yang membuat menarik program ini adalah :

  1.   Berkesinambungan.Adanya kesinambungan antara tahapan pemahaman konsep melalui pendekatan modular (Bimtek) dengan tahapan penguasaan yang menekankan pada keterampilan (Pelatihan)
  2.        Lebih Konsisten.

Adanya dorongan kepada peserta pelatihan untuk melakukan pembelajaran mandiri secara konsisten dan terukur serta memenuhi kaidah akademik (setiap tahapan pembelajaran diatur per hari dengan ekuivalensi 4 JP / hari).

  1.  Lebih Kolaboratif

Peserta dapat belajar dengan rekan guru lainnya untuk menyelesaikan semua tahapan secara kolaboratif dan gotong royong.

Program Seri Pendidikan Inklusif meliputi beberapa tahapan, antara lain :

Pelatihan ini berlangsung dalam beberapa gelombang, dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut :

Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat memahami keberagaman peserta didik dan membuat perencanaan tindakan agar peserta didik dapat sukses di masa depan.

Sumber : https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-inklusif/