Ektsrakurikuler Silat SMKN 5 Batam: Latihan Pertahanan Diri dan Kekuatan Kaki

SMKN5BATAM.SCH.ID—Hari sabtu merupakan jadwal latihan tetap kegiatan ekstrakurikuler Silat SMKN 5 Batam. Tanggal 14 Agustus 2021, di lapangan SMKN 5 Batam, ekstrakurikuler silat mengadakan latihan untuk pertahanan diri dan melatih kekuatan kaki dan kuda-kuda pesilat.

Latihan ini bertujuan untuk persiapan apabila ada pertandingan silat antar pelajar dan umum yang ada di Kota Batam dan pertandingan di level nasional. Latihan dimulai dengan berdoa agar kegiatan latihan silat, lancar dan tanpa ada gangguan.

Selanjutnya, pelatih Ali Mubaidah menyuruh semua atlit silat untuk melakukan pemanasan selama 15 menit, untuk peregangan agar tidak ada terjadi permasalahan otot, bila menggerakan anggota tubuh sewaktu latihan.

Materi latihan, pada hari sabtu tanggal 14 Agustus 2021 adalah tendangan dan kekuatan kuda-kuda bagian kaki. Atlit silat akan dibantu dengan alat bantu (tameng) latihan silat yang akan dijadikan untuk mengukur kekuatan tendangan atlit silat. Latihan ini, sekaligus untuk melihat atlit yang memiliki kekuatan secara fisik dan teknik.

Setelah itu, latihan dilanjutkan dengan uji coba tanding atau yang lebih dikenal dengan sabung laga. Latihan ini, mencoba mempertandingkan atlit yang satu dengan atlit yang lainnya.

Tujuan latihan sabung laga ini, agar atlit memiliki pengalaman dalam bertanding, dan bila mengikuti pertandingan sesungguhnya, atlit tidak merasa canggung, dan sudah mengetahui teknik menyerang dan bertahan.

Ali Mubaidah menambahkan, bahwa kekuatan kaki harus dilatih semaksimal mungkin, karena dengan kaki yang kuat mampu bertahan dari serangan lawan dan melumpuhkan lawan. (Gandhi Alister)

 

 

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.