Guru Multimedia Sebagai Pemateri Diklat Video Pembelajaran

Spread the love

SMKN5BATAM- Dimasa covid 19 ini, guru dituntut untuk memfasilitasi pembelajaran anak secara jarak jauh. Tidak semua anak bisa langsung mengerti mengenai instruksi atau inti dari pembelajaran itu sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media yang dapat membantu guru untuk menyampaikan baik petunjuk ataupun inti materi kepada siswa.

Video merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan fasilitasi pembelajaran kepada anak secara jarak jauh. Hanya berbekal smartphone yang dimiliki, guru dapat memaksimalkan fasilitasi pembelajaran tersebut. Bagaimana mengembangkan media pembelajaran tersebut?. Materi bimtek disampaikan oleh Ibu Resiari Putri Batami, S.Tr. Kom, guru Multimedia SMK Negeri 5 Batam.

Pada diklat ini akan dijelaskan bagaimana membuat video pembelajaran dengan menggunakan smartphone. Senin, 9 Agustus 2021, Guru SMK Negeri 5 Batam menambah pengetahuan dengan mengikuti bimbingan teknis pembuatan video dengan menggunakan aplikasi Kinemaster. Dengan menggunakan aplikasi di dalam smartphone, guru dapat membuat video pembelajaran yang komprehensif serta menarik bagi anak didiknya. Selain pembuatan video pembelajaran, dijelaskan juga bagaimana mempublikasikan video tersebut menggunakan Youtube channel, sehingga dapat diakses oleh anak didiknya secara jarak jauh.

Para Guru dilatih membuat dan mengedit video serta mengambil video secara mandiri dengan layar hijau yang berupa kain hijau ditempel ke dinding, kemudian dimasukkan ke asset Kinemaster diolah dengan background yang diinginkan. Penugasan bagi guru-guru untuk membuat video sesuai mata pelajaran masing masing. Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat dari Sekolah. Semoga dengan Diklat ini, guru SMK Negeri 5 Batam dapat membuat penyajian materi pelajaran dengan lebih menarik dan menyenangkan bagi para Siswa SMKN 5 Batam.