Layanan yang menata dan mengatur koneksi klien dalam jaringan internal dan menuju eksternal, antara lain:
Gangguan Koneksi Jaringan Lokal.
Jaringan lokal merupakan bagian koneksi layanan internet yang terdapat di SMKN 5 Batam.
Prosedur penanganan gangguan koneksi jaringan lokal sebagai berikut:
ICT SMKN 5 Batam yang bertugas untuk melakukan monitoring jaringan menemukan adanya gangguan pada node di jaringan lokal atau menerima laporan dari pengguna jasa dilingkungan SMKN 5 Batam.
ICT SMKN 5 Batam segera melakukan pengecekan perangkat dengan menggunakan perintah ping.
ICT SMKN 5 Batam segera menindak lanjuti laporan dengan mengirimkan ICT SMKN 5 Batam ke lokasi tempat gangguan
ICT SMKN 5 Batam segera melakukan inventarisasi permasalahan dan berdasarkan hal tersebut ditentukan estimasi waktu pemulihan
Gangguan Koneksi Jaringan Utama
Jaringan utama merupakan bagian koneksi layanan internet yang terdapat di SMKN 5 Batam.
Prosedur penanganan gangguan koneksi jaringan utama sebagai berikut:
ICT SMKN 5 Batam melakukan pengecekan secara fisik terhadap perangkat aktif jaringan utama (backbone) minimal sebulan sekali
ICT SMKN 5 Batam memonitor jaringan untuk melihat pesan koneksi gangguan pada sistem monitoring
ICT SMKN 5 Batam melakukan pengecekan server DNS yang digunakan dengan menggunakan perintah nslookup
Apabila hasil pengecekan konektivitas kurang baik, maka ICT SMKN 5 Batam yang bertugas segera menghubungi pihak ISP (Internet Service Provider) untuk berkoordinasi mengenai masalah tersebut dan juga menanyakan estimasi pemulihan gangguan
ICT SMKN 5 Batam membuat pengumuman ke pengguna Internet di lingkungan sekolah tentang gangguan jaringan yang terjadi beserta estimasi waktu untuk pulih kembali
Pemasangan / Perawatan Jaringan Internet
Pemasangan / perawatan jaringan internet dimaksudkan untuk memperlancar proses penelusuran informasi dan komunikasi di SMKN 5 Batam, termasuk pengaksesan sistem informasi yang dibutuhkan dalam proses administasi dan pembelajaran.
Prosedur penanganan pemasangan / perawatan jaringan internet sebagai berikut:
Pimpinan Unit Kerja mengajukan surat permohonan pemasangan / perawatan jaringan internet
Tim Jaringan melakukan survey ke lokasi unit kerja yang perlu pemasangan / perawatan jaringan internet
memberikan rekomendasi kebutuhan peralatan yang dibutuhkan untuk pemasangan / perawatan jaringan internet melalui surat balasan ke unit kerja
akan melaksanakan pemasangan / perawatan jaringan internet setelah kebutuhan peralatan yang direkomendasi-kan tersedia
Pendaftaran WIFI
Akun pengguna wifi merupakan bagian dari layanan internet yang dapat digunakan oleh Civitas Akademik SMKN 5 Batam.
Prosedur penanganan pemasangan / perawatan jaringan internet sebagai berikut:
Calon Pengguna dapat mendaftarkan permintaan login wifi dengan cara melakukan pendaftaran melalui formulir pendaftaran yang tersedia.
Formulir yang telah diisi akan diperiksa keabsahan datanya oleh Staf divisi.
Staf divisi verifikasi data yang diisikan.
Staf divisi memproses pembuatan dan pengaktifan akun wifi.
Permintaan Penambahan Bandwidth
Bandwitdh merupakan bagian koneksi layanan internet yang terdapat di SMKN 5 Batam.
Prosedur penanganan pemasangan / perawatan jaringan internet sebagai berikut:
Staf divisi jaringan melakukan cek ketersediaan bandwidth berdasarkan data daftar ketersediaan bandwidth apabila pengubahan bandwidth berupa penambahan bandwidth.
Apabila bandwidth tidak mencukupi dicarikan solusi mengenai masalah tersebut Jika ternyata permohonan tersebut tidak dapat dipenuhi,maka staf divisi jaringan melaporkan hal tersebut kepada Kepala Sekolah dengan rekomendasi menunda implementasi permohonan itu menunggu penambahan alokasi bandwidth.
Apabila permohonan tersebut dapat dilaksanankan maka staf divisi jaringan akan melaksanakan pengubahan dan melakukan pembaharuan data daftar ketersediaan bandwidth.
PPPTIK akan menginformasikan status penyelesaian layanan bandwidth kepada pimpinan unit kerja
Perubahan Password WIFI
Akun pengguna wifi merupakan bagian dari layanan internet yang dapat digunakan oleh Civitas Akademik SMKN 5 Batam.
Prosedur penanganan perubahan password wifi sebagai berikut:
Pengguna wajib datang dan Melapor ke ICT SMKN 5 Batam
ICT memastikan yang datang dengan mencocokkan identitas diri pengguna.
ICT memberikan pasword yang baru