Kadisnaker Kota Batam Menghadiri Pembukaan Pelatihan Softskill Peningkatan Kesiapan Kerja Alumni SMKN 5 Batam Tahun 2022

Spread the love

SMKN5BATAM.SCH.ID—Dalam rangka mempersiapkan lulusan yang terampil di dunia kerja, maka tim humas mengadakan pelatihan dan pendampingan yang bekerja sama dengan Mercy Corps Indonesia dalam program Wedari. Mercy Corps Indonesia merupakan organisasi lokal yang konsentrasi untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup. Wedari merupakan salah satu program Mercy Corps Indonesia untuk memberikan pelatihan dan pendampingan untuk siswa/siswi tingkat akhir yang ada di Kota Batam.

Foto 1: Rahime Syahne Putri, S.Pd

menjadi MC

Kegiatan pelatihan untuk siswa/siswi SMKN 5 Batam berlangsung pada hari senin, tanggal 6 Juni 2022 di ruang rapat yang diikuti oleh 41 peserta. Kadisnaker Kota Batam Rudi Sakyakirti, SH, MH turut hadir dalam kegiatan tersebut. Kadisnaker juga didampingi oleh Kasi Kesiapan Kerja, Hendri, SH untuk memberikan materi.

Foto 2: Pembacaan doa oleh Bachrul Ulum, S.Pd.I

Kegiatan Peningkatan Kesiapan Angkatan Kerja Siswa SMK Melalui Literasi Digital, Teknologi Digital dan Layanan Purna Jual dipandu oleh Rahima Syahne Putri, S.Pd yang merupakan guru BK SMKN 5 Batam. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Bachrul Ulum, S.Pd.I.

Foto 3: Penjelasan Program oleh

Devina Prima Kesumaningtyas, S.Sos

Kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Devina Prima Kesumaningtyas, S.Sos yang merupakan koordinator program wedari. Dalam sambutannya, Devina menjelaskan tentang program wedari yang sudah berjalan pada bulan januari 2022. Program wedari juga bekerja sama dengan Disnaker Kota Batam untuk observasi dan melakukan pembuatan modul bersama Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau.

Foto 4: Kata sambutan oleh Kepala SMKN 5 Batam,

Agus Sahrir, M.Pd

Devina menjelaskan pelatihan dan pendampingan berkaitan dengan kesiapan kerja, membuat cv yang menarik perhatian perusahaan, trik dalam wawancara, memahami budaya kerja, bekerja sama dalam tim, profesionalitas kerja dan kompetensi lainnya.

Kepala SMKN 5 Batam, Agus Sahrir, M.Pd menyambut baik pelatihan ini dan mengucapkan terima kasih kepada Mercy Corps Indonesia dan kepada Disnaker Kota Batam yang telah hadir. Kepala SMKN 5 Batam, menjelaskan secara singkat tentang keterserapan alumni di berbagai perusahaan industri yang ada di kota Batam. Ia juga menambahkan, bahwa hingga saat ini sekolah sudah melakukan 96 kerja sama dengan berbagai perusahaan untuk program PKL, perekrutan alumni dan menghadirkan tenaga pengajar dari dunia industri.

Foto 5: Peserta Kegiatan

Setelah itu, Kadisnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti, SH, MH memberikan arahan kepada siswa/siswi tingkat akhir SMKN 5 Batam. Ia berpesan, agar semua peserta yang hadir memahami pentingnya fokus dalam pekerjaan, dan senantiasa meningkatkan kompetensi agar karir di perusahaan nantinya juga naik level.

Foto 6: Arahan oleh Kadisnaker Kota Batam

 

Ia mengingatkan bahwa, persaingan mencari pekerjaan saat ini sangat berat, karena masyarakat yang berada di luar kota Batam, banyak juga yang datang untuk melamar pekerjaan. Oleh karena itu, peserta diajak harus bisa memanfaatkan fasilitas yang ada. Menjadi siswa/siswi SMKN 5 Batam merupakan modal untuk bersaing dengan pencari kerja lainnya.

Foto 7: Penyerahan Modul oleh Kadisnaker kepada

siswi SMKN 5 Batam

Kadisnaker menutup arahannya dengan mengingatkan bahwa, memasuki dunia industri harus profesional, harus mengikuti peraturan perusahaan, dan menyadari bahwa perusahaan punya standar dan ada capaian yang dituju, pendek katanya simbiosis mutualisme. Setelah itu, kegiatan pelatihan dan pendampingan dibuka secara resmi.

Foto 8: Penyampaian materi oleh Kasi Kesiapan Kerja

Disnaker Kota Batam

 

Gandhi Alister