Penerapan Program K3 di Lingkungan Kelistrikan Kapal

 

 

 

SMKN5BATAM.SCH.ID Penerapan K3 sekolah di lingkungan instansi pendidikan juga sangat wajib dilakukan. Sejatinya lingkungan sekolah perlu menerapkan salah satu budaya industri yaitu penerapan K3.

Risiko kecelakaan dan ancaman kesehatan bisa dialami oleh siapa saja,  termasuk juga para siswa-siswi murid sekolah menengah kejuruan. Kecelakaan dan penyakit yang ditimbulkan akibat aktivitas pekerjaan sangat bisa dihindari sedini mungkin bila seluruh elemen sekolah memahami risiko dan bahaya yang bisa saja terjadi di lingkungan sekolah.

Kebanyakan, penerapan K3 sekolah dan pemahamannya terhadap siswa dan para guru masih sangat kurang. Kebanyakan hanya pengetahuan umum tentang K3 saja tanpa diberikan pemahaman-pemahaman esensial lainnya. Maka dari itu, pentingnya edukasi penerapan K3 pada saat kegiatan apel pagi dilakukan sebagai pengantar siswa dalam memulai aktifitas belajar.

Misalnya saja dalam kegiatan praktikum siswa, yang biasanya mereka secara langsung berhubungan dengan alat-alat dan bahan-bahan berbahaya. Tidak semua sekolah memberikan edukasi K3 dengan baik pada saat praktikum siswa sehingga masih banyak kecelakaan yang terjadi pada saat aktivitas tersebut.

Dari sinilah pentingnya edukasi dan implementasi K3 secara tepat di lingkungan sekolah agar mencegah berbagai macam risiko dan bahaya serta kecelakaan yang bisa saja terjadi dan merugikan para siswa, guru, atau orang-orang lain yang berada di lingkungan sekolah.(Rusmanto)

Lokasi Kami

Temukan lokasi SMK Negeri 5 Batam di Jalan Bukit Kamboja Kelurahan Sei Pelunggut Kecamatan Sagulung, Batam.