Tingkatkan Literasi, Perpustakaan SMKN 5 Batam Memiliki 2000 Eksemplar Buku

Spread the love

SMKN5BATAM.SCH.ID—Literasi adalah kompetensi yang mutlak dimiliki agar bisa mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat. Menyadari hal tersebut, manajemen sekolah berupaya melengkapi ketersediaan buku di perpustakaan agar kemampuan literasi warga sekolah berkembang, khususnya peserta didik SMKN 5 Batam yang menjadi tongkat estafet bangsa ke depannya.

Foto 1: display buku

“Kompetensi literasi sangat bermanfaat untuk peserta didik. Selain untuk mengasah kemampuan dalam menulis dan membaca, kompetensi literasi juga sangat bermanfaat untuk menelaah informasi, menambah pengetahuan, menambah kosakata, berani berpendapat, mempertahankan argumen dan sebagainya. Semua itu, sangat menunjang kecakapan hidup di era serba digital ini”, kata Henra Debeny Kepala SMKN 5 Batam (5/1/2022).

Foto 2: ruang baca

Saat ini, 2000 eksemplar buku dari berbagai judul tersedia di perpustakaan. Semua murid bisa mengunjungi perpustakaan, sekedar untuk membaca atau bahkan meminjam buku yang disukainya.

Foto 3: ruang koleksi buku

Perpustakaan yang merupakan bantuan CSR PT Tenaris Hydril Batam tersebut, sangat kondusif dan nyaman untuk setiap pengunjung. Desain ruangan koleksi buku yang estetik, membuat pembaca betah. Begitu juga dengan suasana di ruang baca.

Foto 4: Desain oleh manajemen PT Tenaris Hydril

Di ruang baca, disediakan kursi untuk warga sekolah yang ingin membaca. Konsep desain minimalis modern yang dihadirkan oleh manajemen PT Tenaris Hydril Batam menambah konsep elegan perpustakaan SMKN 5 Batam.

 

Kepala Perpustakaan, Faridah Hanum, S.Sos mengatakan “koleksi buku di perpustakaan akan terus ditambah, agar warga sekolah memiliki banyak pilihan buku yang akan dibaca, bahkan dipinjam. Ke depannya, warga sekolah juga akan dilengkapi dengan kartu pustaka sebagai identitas diri”, tutup Hanum.

 

Gandhi Alister