7 KONSEP MATA KOMPETENSI KEAHLIAN TITL SMK N 5 BATAM

Spread the love

Seorang Ketua Kompetensi Keahlian (Kakomli) merupakan Manajer Sub Unit dalam Sebuah Sekolah dimana tugasnya adalah memanajement kegiatan jurusan dengan berorientasi kepada misi dan visi sekolah. Untuk melaksanakan tugasnya, kakomli harus mampu mengatur penggunaan sarana dan prasarana jurusan, mengatur guru-guru jurusan serta menyiapkan kondisi prima peserta didik.

 Fery Supandi, MT

Kakomli Jurusan TITL SMK N 5 Batam

Untuk mampu memanajemen kegiatan jurusan harus memiliki kemampuan dalam memahami kurikulum kompetensi Keahlian sehingga kakomli mampu menguraikan arah dan product jurusan atau tamatan sehingga tamatan mampu membaca kearah mana nanti mereka harus bersaing.

Bapak Fery Supandi, menyampaikan bahwa ada 7 Konsep Dasar Kompetesi Keahlian yang akan dimiliki tamatan TITL SMK N 5 Batam berdasarkan kajian kurikulum TITL 2018 yakni Kompetensi dalam MERANCANG, MENYIAPKAN, MELAKUKAN/MENGERJAKAN, MENGUJI/MENGEVALUSI, MELAPORKAN, MEMPERBAIKI DAN MEMASARKAN. Bila ke-7 konsep tersebut telah dimiliki alumni TITL SMK N 5 Batam maka tamatan tersebut sudah sangat siap dan dapat dikategorikan ahli dalam bidang ketenagalistrik dan dapat disetarakan dengan D3.

Tujuh Konsep tersebut diperoleh dengan cara mengembangkan KI KD Kompetensi Keahlian TITL dengan terurai pada 5 Mata Kompetensi Keahlian yakni, Gambar Teknik, Pengerjaan Dasar Elektromekanik, Dasar Listrik Dan ELektronika, Instalasi Tenaga Listrik, Intalasi Motor Listrik, Instalasi Penerangan Listrik, Produk Kreatif dan Kewirausahaan, dan Perbaikan Peralatan Listrik.

MERANCANG, Tamatan TITL SMK N 5 Batam sudah mampu merancang atau mendesain suatu peralatan atau sistem mesin yang susai dengan permintaan atau kebutuhan konsumen.

MENYIAPKAN, Tamatan TITL SMK N 5 Batam mampu menyiapkan kebutuhan suatu desain yang akan kerjakan sehingga pelaksanaan pengerjaan akan sesuai dengan waktu yang diharapkan.

MENGERJAKAN, Tamatan TITL SMK N 5 Batam harus mampu mengerjakan desain atau rancangan yang telah diberikan desainer lain atau dibuat sendiri.

MENGUJI, Tamatan TITL SMK N 5 Batam Harus mampu menguji hasil pekerjaan sendiri atau oleh orang lain.

MELAPORKAN, Tamatan TITL SMK N 5 Batam Mampu membuat laporan untuk hasil evaluasi atau pengujian sehingga dapat dipergunakan dan dipedomani oleh pengguna lainnya.

MEMPERBAIKI, Tamatan TITL SMK N 5 Batam haru mampu memperbaiki sistem atau jaringan yang telah dibuat oleh orang lain maupun oleh dirinya sendiri.

MEMASARKAN, Tamtan TITL SMK N 5 Batam dapat berwirausaha dengan produk buatan sendiri ataupun produk buatan orang lain sehingga tidak semua tamatan TITL berasumsi mencari kerja tetapi dapat juga menciptakan lapangan kerja.