Pemesinan Kapal

Spread the love

PROFIL SINGKAT

JURUSAN TEKNIK PEMESINAN KAPAL

Jurusan Teknik Pemesinan Kapal didirikan pada tahun 2010, Adapun beberapa alas an didirikannya jurusan Teknik Pemesinan Kapal ini dikarenakan lingkungan SMK Negeri 5 Batam sendiri dikelilingi oleh industri-industri yang bergerak di bidang Shipyard dan Offshore, sehingga sangat memungkinkan sekali dibuka Jurusan Teknik Pemesinan Kapal di SMK Negeri 5 Batam, dengan harapan dapat mempersiapkan siswa memiliki kompetensi yang dibutuhkan industry untuk siap terjun lansung bekerja terutama untuk industri-industri disekitar lingkungan SMK Negeri 5 Batam itu sendiri.

Pembelajaran Jurusan Teknik Pemesinan Kapal terdiri dari beberapa kompetensi keahlian yang dipelajari, diantaranya : Gambar Teknik, Teknologi Dasar Kapal, Pekerjaan Dasar Teknik Perkapalan, Pekerjaan Plat dan Sistem Pemipaan Kapal, Elemen Mesin Dan Penggerak Kapal, Pekerjaan Mesin Perkakas, dan juga Pekerjaan Mesin Fluida.

Jurusan Teknik Pemesinan Kapal SMK Negeri 5 Batam termasuk sekolah memiliki fasilitas dan peralatan lengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Adapun fasilitas yang dimiliki Jurusan Teknik Pemesinan Kapal, diantaranya : CNC Milling, CNC Turning, CNC Router Milling, Lathe/Turning Machine, Milling/Frais Machine, Drilling Machine, Skrap Machine, Diesel Engine Trainer, Gasoline Engine Trainer, Electrcal Trainer, Carging system Trainer, Steering System Trainer, dan peralatan – peralatan lain yang diperlukan.

VISI

Terwujudnya Lulusan Yang Mandiri, Tersertifikasi, Berkarakter Mulia Dan  Mampu Bersaing Secara Global

MISI

  1. Membentuk siswa yang memiliki skill yang macth dengan kebutuhan DU/DI.
  1. Menempatkan siswa PRAKERIN  di dalam dan luar negeri sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan.
  1. Menjalin kerja sama dengan lembaga sertifikasi nasional dan internasional.
  1. Menyesuaikan kurikulum sekolah dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).
  1. Menanamkan nilai – nilai karakter dan akhlak mulia.

 

TUJUAN

JURUSAN TEKNIK INSTALASI PEMESINAN KAPAL

Sekolah Menengah Kejuruan program keahlian Instalasi Permesinan Kapal sebagai bagian dari pendidikan menengah kejuruan bertujuan menyiapkan siswa tamatan :

  1. Memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesional dalam lingkup keahlian Teknik Perkapalan, khususnya Instalasi Permesinan Kapal .
  1. Mampu memilih karir, mampu berkompetisi dan mampu mengembangkan diri dalam lingkup keahlian Teknik Perkapalan, khususnya Instalasi Permesinan Kapal .
  1. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha dan dunia industri pada saat ini maupun pada masa yang akan datang dalam lingkup keahlian Teknik Perkapalan, khususnya Instalasi Permesinan Kapal
  1. Menjadi warga negara yang produktif, adaptif dan kreatif

PROSPEK KARIR TAMATAN

  1. Pelaksana teknis pada system mesin-mesin penggerak
  2. Pelaksana teknis pada pekerjaan mesin-mesin CNC
  3. Pelaksana teknis pada pekerjaan mesin perkakas manual
  4. Pelaksana teknis pada instalasi perkapalan
  5. Pelaksana mekanik pada pekerjaan pemesinan perkapalan
  6. Pelaksana teknis pada sistem pneumatic dan hydrolic
  7. Pelaksana pada instalasi perpipaan
  8. Pelaksana pada industry baja
  9. Pelaksana pada industry konstruksi permesinan
  10. Pelaksana pada gambar ( Drafter ) pada bidang pemesinan

STRUKTUR JURUSAN